Peralatan Outbond

Dalan kegiatan outbound pasti ada sebuah gamenya, namun untuk mengantisipasi hal halnya yang tak diinginkan harus ada peralatan outbound. Berikut ini adalah beberapa contoh peralatan Outbound di malang yang biasa digunakan, seperti :

  1. Karabiner

Karabiner ini adalah sebuah peralatan outbound untuk penghubung seperti pengait, pada umumnya karabiner ini terbuat dari bahan Alluminium Alloy. Karabiner ini sendiri ada 2 jenis yaitu karabiner yang memiliki sistem penguncian (Locking Carabinner) atau scewgate dan ada pula karabiner yang tidak menggunakan sistem pengunci (Un-locking Carabinner) biasa pula disebut dengan sebutan snapgate. Karena memiliki pengaruh besar untuk keselamatan penggunanya maka, karabiner ini pun memiliki bentuk yang beraneka ragam. dalam olahraga rock climbing karabiner ini berfungsi sebagai penghubung tali dengan titik aman yakni runners, sehingga karabiner telah dirancang dengan kuat tapi dengan beban yang cukup ringan. Pada umumnya, karabiner yang sering kali digunakan adalah bentuk d shape untuk di kaitkan kepada runner atau hanger.

  • Carmentel

Carmentel dynamic merupakan peralatan outbound yang memiliki daya lentur hingga 25%,carmentel ini dipakai sebagai tali utama yang menghubungkan pemanjat dengan pengaman yang berada di atas. Tali ini melindungi  pendaki dari peluang untuk jatuh hingga menyentuh tanah (freefall). Beragam jenis tali yang biasa dipakai dalam olahraga panjat  tebing.

  • Harness

Harness ini sangatlah berguna untuk mengamankan tubuh kita. Harness yang paling umum di gunakan adalah model Sit Harness (Harness yang biasanya digunakan untuk pinggang). Harness ini memiliki 2 macam jenis, yaitu yang bisa di sesuaikan dengan lingkar pinggang dan juga paha atau Udjustable Harness dan ada pula yang bisa kita sesuaikan dengan lingkar pinggang kita saja atau Non-adjustable Harness.

  • Chock dan Cam

Chock serta cam yaitu pengaman yang disisipkan ke celah – celah, atau lubang pada permukaan tebing. Chock memiliki berbagai macam type serta ukuran yang bisa di sesuaikan dengan bentuk celah pada tebing. Dan untuk cam memiliki pegas yang bisa diminimalisir pojok mengembangnya pada celah. Serta memiliki ukuran-ukuran yang bermacam macam juga.

  • Helm

Penggunaan helm pada kegiatan outbound memanglah sangat penting dan merupakan suatu kewajiban, sebab dengan memakai helm kepala kita tidak akan sakit karena terbentur. Helm sangat penting untuk semua jenis permaian yang cukup menguji adrenalin. Helm ini bisa melindungi kepala kita dari material material yang jatuh dari atas serta bahaya bahaya yang lainnya.

Permainan outbound

Ada banyak pilihan permainan untuk outbound, seperti ada permainan opposite, cara bermainnya yakni :

  • Membuat kelompok 8 hingga 10 orang
  • Setiap kelompok yang sudah terbentuk, berbaris ke belakang dan memegang pundak temannya.
  • Saat pemandu bidang “maju/mundur/kanan/kiri” jadi tiap-tiap baris mesti mengikuti perintahnya yakni loncat kedepan/ kebelakang/ kekanan/ kekiri.
  • Bila pemandu menambahkan akhiran “bray” jadi peserta mesti bergerak mengikuti lawan katanya. Umpamanya pemandu bilang “mundur bray” maka setiap kelompok harus serentak maju,
  • Bila pemandu menambahkan akhiran “coy” jadi peserta mesti diam dan tidak bergerak. Umpamanya “maju coy” jadi peserta diam saja tidak bergerak ke mana-mana, namun jika ada kelompok yang tak serempak akan ada hukuman tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *